Rabu, 23 Maret 2011

Program Desa/Kelurahan Mandiri Anggur Merah


Kebijakan program pembangunan Provinsi Nusa Tenggara Timur pada tahun 2011 mengangkat tema “Peningkatan Kesejahteraan dan Penguatan Kapasitas Perekonomian Masyarakat melalui Pembangunan Berbasis Desa dan Kelurahan”.
Dalam rangka mendukung kebijakan program pembangunan yang berbasis desa/kelurahan tersebut, maka dilaksanakan berbagai kegiatan prioritas berupa belanja langsung kepada masyarakat dalam bidang Kesehatan, Pendidikan dan Olahraga, Pemberdayaan masyarakat dan Ekonomi.
Salah satu strategi kebijakan untuk meningkatkan kesejahteraan dan pemberdayaan masyarakat yaitu dengan mendesain “Pembangunan Desa/Kelurahan Mandiri Anggur Merah”. Strategi kebijakan ini merupakan salah satu implementasi praktis dari spirit Anggaran Untuk Rakyat Menuju Sejahtera (ANGGUR MERAH) dimana Pemerintah Provinsi mengalokasikan dana segar (Fresh money) melalui APBD Provinsi sebesar Rp. 250 Juta (Dua Ratus Lima Puluh Juta Rupiah) kepada satu desa/kelurahan di setiap kecamatan di seluruh Provinsi Nusa Tenggara Timur         (287 desa) dan menyiapkan satu pendamping/fasilitator disetiap desa/kelurahan tersebut (287 fasilitator)
Fokus Pembangunan Desa/Kelurahan Mandiri Anggur Merah adalah melaksanakan empat tekad Pemerintah Provinsi NTT yaitu pengembangan jagung; pengembangan ternak; pengembangan koperasi da pengembangan cendana. Selain focus utama tersebut, juga dapat diarahkan untuk kegiatan industry rumah tangga, rumput laut, garam serta perikanan darat dan laut sesuai karakter dan potensi Desa/Kelurahan. Oleh Karena itu pemanfaatan bantuan Pemerintah Provinsi tersebut dilakukan secara partisipatif, transparan dan terpadu, melibatkan semua stakeholders, untuk pengembangan kegiatan ekonomi produktif di bawah pendampingan seorang fasilitator dan pengawasan pemerintah desa/kelurahan.

5 komentar:

  1. Salam Kenal Bloger Kupang...
    terus berkarya ^_^
    http://oliphdhian.blogspot.com/
    http://oliphdhian.socialgo.com/

    BalasHapus
  2. salam kenal juga....
    kami juga baru mau belajar untuk memulai membuat bloger ni

    BalasHapus
  3. mantaf.. lanjutkan....
    boleh saran..., foto2 kegiatan di desa mulai dari musyawarah dan kegiatannya di tampilkan juga..., boleh juga lewat facebook...,

    BalasHapus
  4. ok... kami akan usahakan untuk juga menampilkan foto-fotonya... terima kasih atas dukungannya...

    BalasHapus
  5. Masyarakat kembali mendapat hak mereka,
    kami berharap program ini terus dilaksanakan, hingga kami mulai mandiri dalam berusaha untuk mensjahterakan diri kami, keluarga kami dan anak-anak serta cucu-cucu kami nantinya...

    BalasHapus